Wednesday, May 27, 2015

Pengalaman Pertama Berobat Dengan BPJS

Di artikel saya yang lalu, “Hal – hal yang menyebalkan ketika berkendara” saya bercerita tentang saya terkena flu, dan memang betul saya memang kena flu waktu itu, dan sekarangpun masih. Tapi kemaren saya sudah berobat,dan saya ingin menceritakan pengalaman pertama saya berobat menggunakan BPJS kesehatan.



Saya juga sudah cerita ya, kalo saya bekerja di perusahaan karoseri mobil khusus, dan saya mendapatkan fasilitas BPJS. Pertama untuk mendapatkan kartu BPJS saya di suruh untuk mengumpulkan Fotocopy Kartu Keluarga, Fotocopy KTP dan Photo terbaru 3x4, masing – masing siapkan 2 atau 3 sekalian, serahkan pada petugas di perusahaan yang menangani BPJS. Sampai disini, tugas teman – teman selesai. Tinggal menunggu sekitar sebulan atau 2 bulan paling lama. Kartu BPJS sayapun jadi.

Setiap peserta BPJS biasanya di daftarkan di dokter praktek, atau klinik terdekat dari domisili pendaftarnya. Saya juga dapet klinik di Nayaka Husada yang deket rumah. Hanya saja seumur hidup belum pernah itu berobat pakai BPJS. Yang ada dalam pikiran itu, ada biaya lagi gak ya?, ribet gak ya?, sampai akhirnya ada kesempatan berobat karena saya kena flu, lumayan meler, pusing, demam dan akhirnya batuk, ganggu banget aktifitas. Udah pake obat warung Neozep sampai abis 1 strip gak mempan.

Waktu itu hari sabtu, sebelum ke klinik saya sudah tahu jam buka klinik jam 8 pagi sampai jam 9, buka di hari kerja. Saya tau dari spanduk yang di pasang. Saya sampai ke klinik sekitar jam 4 sore hari sabtu. Pas masuk kaget banget dah rame aja orang yang nunggu. Saya daftar dulu disuruh menunjukan kartu BPJSnya dan di tanya alamat, perusahaan dan nomer telepon. Setelah itu saya menunggu di panggil dokter. Selain dokter umum ternyata ada dokter gigi juga mungkin nanti (kaya judul lagu) saya bakal periksa gigi disana.

Tempatnya lumayan bersih, ada dispenser air minum dan gelas buat panunggu. Tempat duduk juga lumayan banyak, toiletnya bersih dan ada mushola walaupun masih belum terawat bersih.Tapi nunggu giliran di panggil dokternya itu lama juga plus lagi rame juga, tempat duduk penunngu aja sampe penuh. Akhirnya di panggil dokter juga di periksa suhu badan, tensi darah, sama mulut. Selesai di periksa dikasih resep yang harus kita kasih ke petugas, abis itu nunggu lagi.

Gak begitu lama di banding nunggu di periksa, obatnya udah siap. Yang terpenting adalah, gak ada biaya lagi, tinggal dating, nunjukin kartu BPJS, periksa, dapet obat, udah tinggal pulang istirahat. Begitu pengalaman pertama saya berobat pakai BPJS. Semoga manfaat ya. Semoga cepat sehat.

No comments:

Post a Comment