Thursday, May 21, 2015

Hal - hal menyebalkan ketika berkendara

Hallo teman - teman, sebenarnya saya lagi bingung nentuin gaya bahasa artikel yang saya tulis buat blog ini, yang nyaman buat saya menulis dan temen - temen juga gak begitu mengernyitkan dahi waktu membaca tulisan saya. tapi dari pada pusing - pusing saya mending langsung action, sambil belajar, kalo mikir terus kapan mulainya, iya kan?

Oke, sekarang ini lagi pancaroba, saya juga kena flu jadinya, nah klo udah kena flu setiap jam kerja selesai, pengen banget langsung nyampe rumah, cuma kadang ada aja yang bikin kita kesel waktu kita ada di jalan raya. Kali ini kita akan bahas itu ya, curhat, ngeluarin unek - unek sekaligus utarain pendapat. Daripada ngegerutu gak jelas di jalan, mending buat tulisan. Oke kita langsung aja ya, kita bahas satu - satu yang kadang kita bikin kesel di perjalanan.

http://www.freeimages.com/

Pertama, orang yang suka klakson di lampu merah, sering banget kita lagi nunggu lampu merah terus warna berubah jadi ijo, mulai deh pada nyalain klaksonya. Aduh! kita juga tau kali kalo ijo itu artinya jalan, tapi sabar dikit kenapa sih. Seringnya itu memang karna macet lampu merah, antri yang membuat kita telat buat jalan pas lampu ijo. Sabar aja kali, kita juga tau qo ijo itu artinya jalan. Jarang sekali ada kejadian orang mogok, atau bengong pas lampu merah, kalo itu kasusnya oke lah kita klakson, tapi kebanyakan kasusnya itu kita gak sabaran, bikin polusi suara.

Kedua masih sekitar lampu merah yang pertama tadi polusi suara yang ini polusi udara, yang suka geber - geber gas di lampu merah. Manusia macam ini mungkin perlu di kasih mata di belakang kepala. Apa gak tau di belakang ada orang apa ya? selain bau asap berisik juga, apalagi kalo kenalpot modif yang arah asapnya ngarah ke atas, pernah ngerasain gak sih sensasi kaya di tembak - tembak angin knalpot, hehe yang kaya begini gak enak banget ya, apalagi saya masih pakai motor, (moga aja bisa beli terios).

Yang ketiga pemotor yang modif lampu belakang/rem nya jadi warna putih juga, yang ini ni saya gak ngerti tujuanya apa coba? Bikin silau yang ada di belakang, dan bikin bingung juga, ini orang lawan arah atau gimana sih lampu belakang sama depan sama terangnya. Apa maksudnya motornya bisa jalan maju mundur?

Keempat itu yang ada di pikiran saya itu angkot ya, yang suka nyebelin, suka ngetem bikin macet, kalo lagi jalan kadang maen berhenti ngedadak, apalagi yang sering jalan di pantura, indramayu. kadang bis - bisnya suka ugal - ugalan. Pernah ada beberapa kali pengalaman saya karena ada bus ugal - ugalan motor yang saya kendarai harus mengalah minggir dari jalan karena seperti di pinggirkan sama badan bus yang gede itu. Bahaya juga di kecepantan tinggi harus terpaksa minggir meninggalkan jalan aspal.

Kelima, apalagi ya, yang ini agak sepele sih mungkin cuma pengalaman saya aja, mobil hewan ternak. Baunya minta ampun, kalo iya pas kita mau nyalip si mobil ayam ini ngalah, kadang ada aja yang gak mau ngalah atau susah kita nyelipnya. Terpaksa kita ada di belakangnya sambil nahan bau semiriwing.hehe.

Keeanam, yang suka ngobrol di jalan raya, biasanya ini ada dua motor rendengan ngeblokir jalan, dia malah ngobrol, dikira jalan raya ruang tamunya dia. Mbo ya minggir dulu, berhenti kalo mau ngobrol, bikin macet. Sering saya klaksonin nih model kaya begini pas saya berhasil lewat.

Ketujuh dan mungkin yang terakhir, soalnya saya udah keabisan ide. Yang nerobos lampu merah. Mereka beralasan tanggung lagi ngebut, tadi pas disana masih ijo, masih kuning. Pernah saya ngalami mau nabrak yang beginian ni, bahaya banget, pengen rasanya teriak buta warna ta? ya saya juga gak suci - suci amat, pernah lah ngelanggar peraturan lalu lintas sekali - sekali, tapi pastikan pelanggaran kita gak ganggu pengendara lain. Kalo ada yang beginian kan giliran kita lampu ijo kita harus nunggu dulu lewat yang ngelanggar lampu merah ini, itu berati ngeganggu pengendara yang lain.

Yah segitu dulu, sebenernya masih banyak ya kaya ibu - ibu yang naik motor, gak semua ibu - ibu sih, tapi seringnya ibu - ibu ini yang naek motor, susah banget di tebak arahnya. Ada yang pake lampu depan berlebihan cahanya, atau pake lampu tembak, bikin kita silau. Mobil pribadi yang nyoba selap - selip di jalanan kota. Kalo yang ini tergantung alasanya sih ya, tujuannya apa, saya coba positif thinking aja, Ada lagi bocah - bocah cilik, remaja tanggung tapi udah dikasih maenan motor sama ortunya, berlagak seperti Rossi padahal KTP aja gak punya, yang kalo di tilang polisi pada nangis. Ada lagi yang dikit - dikit klakson, apa - apa klakson padahal kita sama dia jaraknya jauh, pengen teriak, lewat -lewat aja kali. Mungkin niatnya mau hati - hati, tapi malah berlebihan dan menggangu. Ada juga yang suka maenan hape pas lagi di motor, walaupun gak berdampak langsung, tetep aja mengganggu, konsentrasi berkurang banyak ketika kita maen hape sambil nyetir. Inget kecelakaan itu gak hanya membahayakan diri sendiri tapi juga orang lain. Ada juga konvoi yang ngabisin lajur jalan, gak pada pakai helm, bawa - bawa bendera, termasuk bahaya itu bendera, kalo kena pengendara lain bisa bahaya Wah banyak juga ya.

Kesimpulanya menurut saya sih sopan dalm berkendara, hargai hak orang lain, berfikir positif, jangan panasan kalo di jalan. Semoga juga transportasi umum kita bisa lebih baik, sampai - sampai kita bisa lebih milih naik angkutan umum dari pada kendaraan pribadi karena nyaman, cepat murahnya, amin. Walaupun kita sesekali ngelanggar, coba tahan godaan buat ngelanggar peraturan, jadi contoh buat yang lain, termasuk keluarga kita.Tetep sopan dalam berkendaran dan saling menghargai.

Yang mau nambahin atau punya pengalaman atau yang mau comment silahkan ya..

No comments:

Post a Comment